Cara Menambahkan Ads di Web


Tentunya, untuk bisa mendapatkan penghasilan dari website yang Anda buat, Anda membutuhkan adanya iklan. Iklan di website yang paling populer digunakan oleh para blogger atau pembuat website adalah Google AdSense.
Kenapa Google AdSense ini populer digunakan, bahkan di Indonesia? Alasannya tak lain adalah karena penggunaannya yang cukup mudah, dan memberikan komisi yang cukup besar dibandingkan dengan penyedia iklan lainnya. Sayangnya, ada kendala dalam Google AdSense ini, yaitu sulitnya pengajuan ke Google AdSense. Banyak yang mengeluhkan pengajuannya ditolak oleh Google.
Jika Anda kebetulan memiliki website atau blog, dan ingin mendapatkan penghasilan melalui Google AdSense, maka berikut ini langkah-langkah yang harus Anda lakukan.
Langkah-langkah Google AdSense
Mendaftar Google AdSense dan juga melakukan pengaturan di Google AdSense sebenarnya tidak sulit, namun tetap membingungkan bagi pemula. Bila Anda termasuk pemula, maka Anda bisa mengikuti langkah-langkahnya berikut ini.
1. Buka http://www.google.com/adsense/start di address bar.
2. Sign in ke akun Google Anda.
3. Setelah masuk, Anda bisa lihat menu pada bagian atas. Pilih My ads.
4. Klik New ad unit.
5. Beri nama iklan yang akan Anda buat.
6. Pilih tampilan dari iklan Anda. Anda bisa pilih yang sudah disediakan, seperti Automatic Size Responsive.
7. Pilih text & display ads sebagai Ad type Anda.
8. Pilih default pada Text ad style.
9. Isi style name, border title, text, background, dan url untuk menyesuaikan warna dengan template yang Anda gunakan.
10. Anda bisa ulangi proses 1 sampai 7 jika ingin menambahkan unit iklan baru, yang ingin Anda letakkan di tempat yang berbeda.
11. Klik Save dan get code, dan Anda akan melihat pop up yang menampilkan code. Anda bisa copy code tersebut untuk ditampilkan pada website Anda.
Memasang Iklan AdSense pada Website atau Blog
Untuk memasang iklan Google AdSense di website atau blog berbasis Wordpress yang Anda miliki, ada dua cara yang bisa Anda lakukan, yaitu dengan menggunakan plugin, atau dengan cara manual.
Anda bisa memilih untuk menggunakan plugin jika ingin memasang iklan AdSense karena lebih mudah. Plugin yang bisa Anda pakai adalah Google Publisher, Ad Injection, atau Ad Inserter. Semua plugin itu menawarkan kelebihan dan juga kekurangannya masing-masing.
Google Publisher adalah plugin yang dibuat oleh Google untuk bisa memasukkan iklan di website atau blog Anda. Kelebihan dari plugin ini adalah bisa menambahkan iklan AdSense lebih mudah, mampu menyesuaikan dengan tampilan mobile, dan mempercepat pengaturan iklan.
Untuk Ad Injection, kelebihannya dibandingkan Google Publisher adalah bisa juga meletakkan iklan lain selain dari Google. Plugin ini juga bisa memasang iklan tanpa perlu memodifikasi postingan. Sayangnya, pengaturannya terbilang rumit, dan tidak user-friendly.
Untuk Ad Inserter, kelebihannya adalah bisa dengan mudah menampilkan iklan di berbagai web. Selain itu, plugin ini juga bisa secara otomatis menampilkan iklan pada lokasi tertentu.
Jika Anda lebih memilih untuk memasang AdSense secara manual, maka caranya adalah sebagai berikut.
1. Login ke akun Wordpress Anda.
2. Pilih menu Appearance.
3. Pilih Widgets.
4. Pilih Text, dan pilih lokasi yang akan Anda gunakan untuk iklan.
5. Klik Add Widget.
6. Isi Title dan Content. Untuk Content, Anda bisa mengisinya dengan code iklan AdSense Anda, seperti yang sudah Anda copy di atas.
7. Klik Save jika sudah selesai.
Alasan Anda Memilih Google AdSense
Berikut ini adalah alasan kenapa Anda harus memilih Google AdSense.
1. Mudah dipasang
Anda dapat memasang Google AdSense pada banyak website atau blog sekaligus. Namun sebelumnya, Anda sudah harus memenuhi syarat kebijakan layanan Google AdSense lebih dulu.
2. Tersedia banyak tutorial
Di internet Anda bisa mencari berbagai macam hal yang berhubungan dengan Google AdSense, seperti tutorialnya, sampai dengan troubleshoot-nya. Jika Anda menemui masalah, maka Anda bisa mencari solusinya dengan mudah.
3. Pembayaran tepat waktu
Anda tak perlu khawatir jika Google AdSense telat membayar. Google akan memberikan laporan pendapatan secara real time. Jika Anda sudah mencapai batas minimal pembayaran, yaitu USD 100, maka Anda akan mendapatkan bayaran Anda pada bulan berikutnya.
4. Format iklan fleksibel
Iklan Google AdSense bisa disesuaikan dengan tampilan website atau blog Anda. Yang perlu Anda lakukan hanyalah memasang code JavaScript pada bagian tertentu di website Anda.

Jadi, apakah Anda sudah mencoba untuk memasang iklan Google AdSense pada website atau blog Anda? Jika belum, maka sekarang adalah saat yang tepat. Jangan sampai website atau blog Anda yang keren itu justru jadi sia-sia karena belum mendapatkan penghasilan dari iklan, padahal website atau blog Anda itu sudah memenuhi syarat memasang Google AdSense.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment