Cara Reset Password HP yang Lupa

Alasan keamanan data pribadi yang ada di dalam handphone menjadi alasan sebagian besar orang untuk memasang password atau kata sandi dalam telepon genggam mereka agar tidak sembarang orang dapat melihat isi dari perangkat tersebut. Namun, terkadang ada kalanya seseorang melupakan kata sandi perangkat mereka sendiri sehingga perangkat mereka tidak bisa diakses. 
Kalau sudah seperti ini, cara paling mudah tentunya adalah pergi ke tempat reparasi handphone dan minta agar dibuka. Padahal, selain pergi ke tempat reparasi, Anda dapat membukanya sendiri dengan cara yang sederhana. Berikut beberapa cara untuk menyetel ulang kata kunci handphone.
1. Fitur Forgot Pattern
Sebelum ke cara yang rumit, ada salah satu cara yang cukup sederhana, namun hanya bisa dilakukan untuk sistem Android KitKat 4.4 ke bawah yaitu fitur Forgot Pattern. Fitur ini akan mengalihkan Anda ke halaman lain setelah Anda beberapa kali gagal memasukan password telepon genggam Anda. Fitur ini kemudian akan meminta Anda menjawab pertanyaan keamaan yang sebelumnya telah Anda tetapkan. Setelah berhasil menjawab, maka akan akan diarahkan untuk menyetel ulang kata sandi untuk telepon Anda. Dapat dibilang, fitur ini seperti kata sandi kedua atau cadangan ketika Anda melupakan kata sandi yang pertama.
2. Fitur Android Device Manager
Fitur Android Device Manager dapat Anda gunakan untuk membuka kata sandi telepon genggam Anda yang lupa. Dengan menggunakan browser dari komputer maupun dari telepon genggam yang lain, maka Anda tinggal login ke dalam alamat email yang Anda gunakan pada telepon genggam Anda. Namun yang perlu diperhatikan adalah telepon genggam Anda harus terhubung dengan layanan internet karena penggunaan fitur ini memanfaatkan jaringan internet agar terhubung dengan perangkat Anda.
Setelah Anda membuka Android Device Manager, maka ada tiga pilihan di dalamnya yaitu dering, kunci dan hapus. Fitur dering berfungsi untuk membunyikan telepon genggam bahkan apabila telepon genggam sedang dalam mode diam. Fitur kunci berfungsi untuk mengunci telepon genggam apabila hilang sehingga orang lain tidak bisa mengakses telepon Anda. Sedangkan fitur hapus berfungsi untuk menghapus semua data yang ada dalam telepon.
Anda dapat menggunakan pilihan kunci untuk menyetel ulang kata sandi telepon genggam Anda. Setelah anda memilih pilihan kunci, maka Anda akan diminta untuk memasukan kata sandi baru. Kata sandi ini nantinya akan menggantikan kata sandi lama, pola keamaan, maupun nomor pin dalam telepon genggam yang Anda lupakan.
Setelah dua kali memasukan kata sandi baru, maka telepon genggam Anda akan dapat dibuka dengan kata sandi yang baru.
3. Fitur Samsung Find My Mobile
Cara ketiga adalah dengan fitur Samsung Find My Mobile. Perlu diingat bahwa cara ini hanya berlaku untuk telepon genggam dengan merk Samsung dan harus sudah login akun ke Samsung. Apabila kedua syarat tersebut tidak dipenuhi, maka cara ini tidak akan bekerja. Maka dari itu, bagi Anda pengguna Samsung, segera atur akun Samsung untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.
Fitur Samsung Find My Mobile mirip dengan Android Device Manager. Bisa dibilang fitur ini adalah Android Device Manager-nya Samsung. Cara menggunakannya adalah dengan mengakses link https://findmymobile.samsung.com/ dari browser dan kemudian pilih lock my screen di panel bagian kiri. Kemudian Anda akan diminta memasukkan PIN baru. Setelah itu, pilih lock, dan telepon genggam Anda akan terkunci dengan kata sandi baru yang telah Anda masukan melalui fitur Samsung Find My Device.
4. Fitur Factory Reset
Cara terakhir yang dapat Anda lakukan untuk membuka telepon genggam Anda adalah fitur Factory Reset. Perlu diketahui, bahwa fitur ini akan menghapus semua data yang ada dalam telepon genggam Anda. Setelah menggunakan cara ini, telepon genggam Anda akan seperti baru, tanpa ada aplikasi kecuali aplikasi bawaan, tidak ada nomor kontak, file audio, dan lain-lain sehingga ada baiknya ada melakukan back-up data terlebih dahulu.
Ketika Anda lupa kata sandi, penggunaan fitur ini tentu tidak melalui setelan yang ada dalam telepon genggam melainkan Anda harus masuk ke dalam mode recovery. Cara masuk mode recovery berbeda-beda tiap merk dan seri telepon genggam sehingga Anda harus browsing cara masuk mode recovery terlebih dahulu.
Sebagai contoh, untuk handphone Sony Z2, cara masuk recovery mode adalah dengan mematikan telepon genggam dan dinyalakan kembali. Kemudian sebelum telepon genggam memunculkan logo Sony, maka tombol volume down harus ditekan dan telepon akan masuk ke mode recovery.
Setelah Anda berhasil masuk mode recovery, ada banyak pilihan menu di dalamnya. Pilihlah menu wipe data/factory reset. Biasanya dalam mode recovery Anda tidak dapat menggunakan layar sentuh sehingga harus menggunakan tombol volume untuk bernavigasi. Setelah memilih factory reset, Anda tinggal tunggu saja sampai telepon genggam Anda selesai menghapus semua data.

Ketika selesai, Anda tinggal menyalakan ulang telepon genggam Anda dan Anda tidak perlu lagi memasukan kata sandi untuk masuk ke dalam handphone.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment