Tutorial Game Andoid Gratis Dengan Berbagai Aplikasi

Kita bisa membuat game dengan Berbagai aplikasi tanpa harus mengerti bahasa pemrograman seperti Java, Borland Delphi , C++ , dan juga bahasa pemrograman lainnya yang pastinya membuat kita akan semakin pusing.  Bagi seorang Pemula yang memiliki imajinasi yang tinggi dalam membuat game ada langkah yang tepat tanpa harus mempelajari dulu coding, diantaranya adalah dengan menggunakan Aplikasi sebagai berikut :

- TyranoBuilder Visual Novel Studio
- Construct
- GG Maker
- Clickteam Fusion 2.5
- RPG Maker MV
- GameSalad
- GameMaker Studio 2
- GDevelop | Screenshot
- BuildBox

Tutorial Game Andoid Gratis
1. TyranoBuilder Visual Novel Studio
TyranoBuilder Visual Novel Studio merupakan aplikasi pembuatan visual novel yang sangat dikenal. Dengan TyranoBuilder anda hanya perlu melakukan drag and drop dan teks dilayar.
Bila anda handal menggunakan Microsoft PowerPoint tentulah sangat mudah menggunakan TyranoBuilder , Kelebihannya tentu dengan tanpa harus mempeljari coding  dan lebih terfokus untuk membuat alur cerita yang sangat menirik
Fitur dari TyranoBuilder memiliki  TyranoScript untuk anda yang sudah pengguna mahir menggunakan coding. Selainitu bisa di compile di berbagai OS seprti :
·         Windows
·         MacOS
·         iOS
·         Android
·         Browser web yang mendukung HTML5

2. Construct
Construct bisa mempurmudah anda dalam membuat game yang seru dengan cara yang tudak rumit, Construct  sendiri lebih terfokus pada game 2D :
·         Platformer,
·         puzzle
·         shooter.
Pengaturan yang sangat mudah dengan hanya drag and drop dan memiliki kelebihan utama  yang tentunya gratis untuk keperluan nonkomersial. namun bila untuk komersil anda harus membayar lisensi tergantung dari keuntungan yang di dapat.
3. GG Maker
GG Maker Bisa membantu anda memelajari sedikit demi sedikit coding dan semakin penasaran akan membuat anda penasaran membuat coding. Mulai dari platformer yang sederhana sampai dengan game RPG 3D yang sangat sukar bisa dilakukan.
Fitur dari GG Maker seperti Graphically Assisted Scripting yang fungsinya merupakan inputan yang berupa logika yang biasanya dalam coding dan di tampilkan dalam bentuk diagram alir. Graphically Assisted Scripting bisa membantumu memahami logika dari coding yang akan dibuat.
4. Clickteam Fusion 2.5
Clickteam Fusion seperti yang lainya dilengkapi editor drag and drop dan bisa membuat  game 2D ataupun 3D. Bila anda telah mnegenal Adobe Flah maka tidaklah terlalu sulit untuk menggunakan Clickteam Fusion karena editornya sama dengan frame-by-frame
Beberapa contoh game komersial hasil dari Clickteam Fusion adalah seperti :
·         Five Nights at Freddy’s
·         The Escapists
·         Angry Video Game Nerd Adventures

5. RPG Maker MV
RPG Maker MV bisa membuat anda melakukan sesuatu dengan mudah baik pemula ataupun yang sudah mahir aplikasi ini sangat cocok untuk anda kembangkan.
dengan fitur Side View Battle seperti halnya dala Final Fantasy era SNES, visualnya  banyak berubah, dengan resolusi HD. Dan untuk editornya anda bisa membuat sebuah RPG utuh tanpa menggambar sebuah asset atau bisa juga membuat aset sendiri.
6. GameSalad
GameSalad  adalah program untuk membat game yang tanpa coding terbaik dengan banyak dukungan OS mulai dari iOS, Android dan juga web yang support HTML5. memiliki atribut pemrograman yang bisa mengatur alur atau prilaku karakter dalam game dengan hanya drag-and-drop.
Berbagai kemudahan yang dihadirkan oleh Aplikasi GameSalad menjadikannya banyak digunakan  ribuan programmer secara independen merilis hasil karyanya. contoh game hasil dari GameSalad diantaranya seperti Get_Fiquette dan Mazes of Karradash
7. GameMaker Studio 2
GameMaker 2 mempermudah pembuatan game mobile menjadi lebih simple dengan editor drag-and-drop maka sangat cocok bagi pemula  untuk membuat game tanpa harus mempelajari coding.
Dengan dilengkapi toolset yang beragam yang bisa membantu membuatan aset gambar dan juga level . dan bagi yang telah mahir menggunakan codingtentunya ada disana pasilitas untuk bisa mengedit coding pada GameMaker.
Adanya alur workflow maka lewat GameMaker Studio 2 hasil aplikasi bisa di export ke berbagai macam OS seperti :
·         Windows
·         Mac OS X
·         Ubuntu
·         Android
·         iOS,
·         Android TV
·         HTML5
·         PlayStation 4
·         Xbox One
Contoh yang paling popular hasil karya lewat GameMaker Studio diantaranya seperti Hyper Light Drifter, Spelunky,  dan Crashlands.
8. Stencyl
Stencyl mulanya di tahun 2000an menggunakan format Flash dan hamper hilang dengan kehadiran  HTML5. Penggunaan toolset cukup dan tak perlu memahami kode secara mendalam.

Stencyl bisa lebih mudah diekspor untuk berbagai desktop dengan bantuan Adobe AIR dan juga dapat diekspor ke iOS dan Android.
9. GDevelop | Screenshot
GDevelop yang merupakan tool open-source yang mampu membuat game yang unik apalagi dengan disertai fitur Events yang bisa menampilkan sebuah logika permainan secara real-time tanpa harus mengerti coding
Berbagai platform yang bisa diekspor diantaranya seperti dengan HTML5 untuk browser web, iOS dan juga Android.           
10. Buildbox
Buildbox memiliki visualisasi yang lebih intuitif sangat cocok sekali bagi para programmer pemula dengan dilengkapi fitur radial drag-and-drop dan juga beragam game 2D dengan genre berbeda bisa dipilih. Buildbox  memungkinkan dalam menyusun  gameplay baik itu melalui editing dan menggabungkan aneka preset yang ada.

Galeri aset di mana ribuan gambar, musik, dan efek suara membuat game yang akan hendak dibuat menjadi lebih menarik.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment